Plumbing ch.0


Hasil gambar untuk pipa air di gedung



Mekanikal plambing secara umum merupakan suatu sistem penyediaan air bersih dan penyaluran air buangan didalam bangunan. Mekanikal plambing juga dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan pemasangan pipa dan peralatan di dalam gedung atau gedung yang bersangkutan dengan air bersih maupun air buangan yang dihubungkan dengan saluran kota (Sunarno, 2005). Plambing merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan gedung. Oleh karena itu, perencanaan dan perancangan sistem plambing haruslah dilakukan bersamaan dan sesuai dengan tahapan-tahapan perencanaan dan perancangan gedung itu sendiri, dengan memperhatikan secara seksama hubungannya dengan bagian-bagian konstruksi gedung serta dengan peralatan lainnya yang ada pada gedung tersebut (Suhardiyanto, 2016).
Pada jenis penggunaan sistem plambing sangat bergantung pada kebutuhan dari bangunan yang bersangkutan. Dalam hal ini, perencanaan dan perancangan sistem plambing plambing dibatasi pada pendistribusian dan penyediaan air bersih. Adapun fungsi dari instalasi plambing antara lain:
1.     Menyediakan air bersih ke tempat-tempat yang dikehendaki dengan tekanan dan jumlah aliran yang cukup
2.  Membuang air buangan dari tempat-tempat tertentu tanpa mencemarkan bagian penting lainnya.


 Fungsi dan Tujuan Peralatan Plambing

Plambing mempunyai fungsi dan tujuan, adapun fungsi dan tujuanya sebagai berikut :
"Menciptakan suatu bangunan yang memenuhi kesehatan dan sanitasi yang baik dengan suatu sistem pemipaan yang dapat mengalirkan air bersih ketempat tempat yang dituju dan membuang air kotor ke saluran pembuang tanpa mencemari bagian penting lainnya dengan tidak melupakan kenyamanan dan keindahan."

Beberapa fungsi dari peralatan plambing (Morimura,1999) :
1.      Membuang air kotor dari tempat-tempat tertentu tanpa mencemarkan bagian penting lainnya (fungsi pembuangan)
2.      Menyediakan air bersih ketempat-tempat yang dikehendaki dengan tekanan yang cukup (fungsi system penyediaan air).

Fungsi pertama, yaitu berkaitan dengan pembuangan air kotor, dilakukan oleh system pembuangan dan ven. Sedangkan fungsi kedua, berkaitan dengan penyediaan air bersih, dilaksanakan oleh system penyediaan air bersih. Dulunya, system ini bertujuan untuk menyediakan air bersih yang cukup berlebihan. Namun, karena adanya pembatasan penggunaan jumlah air karena keterbatasan sumber air bersih serta guna mendukung upaya penghematan energi, maka tujuan ini bergeser menjadi seperti di atas.

Ada 3 sistem/saluran yang dikenal sebagai sistem plambing :
1.      Sistem saluran air bersih
- Saluran Penampungan Air
- Saluran Pemadam Kebakaran

2.      Sistem saluran air kotor
- Saluran pembuang air hujan
- Saluran Kotor WC ke Septictank

3.      Sistem saluran udara atau gas

Bahan yang umum digunakan adalah dari besi/baja dengan lapisan galvanis, plastik, pvc, porselin dan dari beton betulang. Bahan harus memenuhi syarat tidak menyerap air, mudah dibersihkan, tidak berkarat atau mudah aus. Untuk instalasi air bersih maupun air kotor dalam bangunan kecuali instalasi air panas biasa digunakan pipa PVC. 
2.1.3 Jenis-jenis Alat Plambing
Peralatan Plambing dapat dibedakanberdasarkan fungsinya menjadi :
·         Peralatan Plambing dalam artian khusus :
a.       Peralatan untuk penyediaan air bersih/air minum
b.       Peralatan untuk penyediaan air panas
c.        Peralatan untuk pembuangan dan ven
d.      Peralatan saniter (plambing fixtures)

·         Peralatan Plambing dalam artian yang lebih luas :
a.        Peralatan untuk pemadam kebakaran
b.       Peralatan untuk mengelola air kotor
c.       Peralatan penyediaan gas
d.      Peralatan dapur
e.       Peralatan untuk mencuci (laundry)
f.        Peralatan pengelola sampah

Hal tersebut terakhir meliputi instalasi pipa untuk menyediakan zat asam, zat lemas, udara kempa, air murni, air steril, dan juga perpipaan vakum (untuk menyedot). Dan ada juga yang menyebutkan bahwa alat plambing meliputi peralatan Plambing dalam artian khusus ditambah dengan peralatan-peralatan untuk pemadam kebakaran, pengolahan air kotor dan penyediaan gas.

Komentar