Pengertian Elektrokoagulasi

        Elektrokoagulasi adalah teknologi pengolahan air dengan menggunakan proses elektrokimia dimana anoda akan melepaskan koagulan aktif berupa ion Al atau Fe ke dalam larutan.

Prinsip Elektrokoagulasi Pada Air Limbah - OLAH-AIR.COM

        Elektrokoagulasi merupakan proses penggumpalan dan pengendapan pertikel-partikel halus yang terdapat dalam air dengan menggunakan energi listrik. Elekrokoagulasi ini merupakan gabungan dari proses elektrokimia, flokulasi, dan koagulasi. Dimana Koagulasi merupakan suatu proses pengolahan air dengan menggunakan sistem pengadukan cepat sehingga dapat mereaksikan koagulan (bahan kimia) tertentu secara seragam ke seluruh bagian air limbah dalam suatu bak sehingga dapat membentuk flok-flok atau butiran-butiran yang berukuran lebih besar dan dapat diendapkan. Sedangkan Flokulasi adalah metode untuk memperbesar ukuran flok-flok dari hasil koagulasi dengan cara pengadukan lambat.  

        Elektrokoagulasi ini adalah teknologi yang lebih maju dibandingkan dengan metode koagulasi yang masih menggunakan koagulan konvensional seperti aluminium sulfat ("tawas"), polialuminium klorida, feri sulfat dan feriklorida.

Komentar