Teknik Lingkungan / Teknik Penyehatan

The Environment – Sisters of St. Francis of the Neumann Communities

    Sejalan dengan semakin pesatnya industrialisasi dan pengembangan wilayah demi terciptanya masyarakat yang adil dan makmur, maka permasalahan lingkungan juga akan makin meningkat. Peningkatan permasalahan lingkungan, baik dari intensitas maupun magnitudenya, memerlukan penanganan yang tidak cukup diatasi oleh para Praktisi. Kondisi yang demikian, memerlukan pendekatan ilmu yang lebih spesifik dengan tingkat yang lebih tinggi.


    Maka perlu diadakan pengembangan jurusan di Perguruan tinggi yang mempunyai program keahlian dalam bidang Teknik Lingkungan. Pada hakekatnya pencegahan kerusakan lingkungan dapat didekati dengan pendekatan rekayasa pengendalian lingkungan dan pengelolaan lingkungan.


    Dahulu, program studi Teknik Lingkungan bernama Teknik Penyehatan. Ilmu yang dipelajari di program studi ini berkaitan erat dengan kesehatan. Para mahasiswa Teknik Lingkungan akan belajar tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi.


    Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing/perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara.


    Dengan semakin populernya praktek go green, peluang kerja para lulusan Teknik Lingkungan pun semakin baik. Pabrik-pabrik pencemar lingkungan pasti mendapatkan reputasi buruk. Seorang lulusan Teknik Lingkungan biasanya akan bekerja di industri-industri yang bergerak di bidangpetrokimia, pertambangan, minyak dan lain sebagainya. Beberapa contoh perusahaan yang kerap membutuhkan lulusan Teknik Lingkungan antara lain PT Pertamina, Krakatau Steel, PT Unilever, Total, Kimia Farma, Chevron, Biofarma, Aneka Tambang.

Komentar